SIMKAH WEB (ONLINE) SEGERA LAUNCHING - KUA TEBING

Breaking


1/15/2018

SIMKAH WEB (ONLINE) SEGERA LAUNCHING

(tampilan simkah web)

Humas (KUA). SIMKAH adalah singkatan dari “Sistem Informasi Manajeman Nikah” sebuah program Aplikasi Komputer berbasis Windows yang berguna untuk mengumpulkan data-data Nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Republik Indonesia secara online maupun offline, data akan tersimpan dengan aman di KUA setempat, di Kabupaten/Kota di Kantor Wilayah Propinsi dan di Bimas Islam.


Dengan adanya SIMKAH mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah memantau peristiwa pernikahan.

Akhir-akhir ini tersiar kabar oleh warga net di media sosial facebook, SIMKAH akan berevolusi menjadi SIMKAH WEB segera diperkenalkan dalam waktu dekat. Simkah web ini digadang-gadang akan lebih memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan pernikahan nya serta bisa melihat jadwal nikah untuk semua KUA yang online. Hal ini tentunya sangat ditunggu-tunggu disemua Kantor Urusan Agama yang sudah menerapkan SIMKAH.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang sistem jaringan, akan ada beberapa kendala dalam SIMKAH web ini yang akan digunakan, pengoperasian nya melalui sistem online sangat kesulitan untuk KUA yang tidak memiliki akses internet yang memadai terkadang jaringan internet mengalami kerusakan jaringan hal ini dirasa menjadi kendala ditambah lagi dengan komputer yang digunakan tidak mendukung. Tentu hal ini menjadi tantangan kepada petugas/operator yang dituntut siap, terampil dalam mengoperasikan simkah web ini. Oleh karena itu, dibutuhkan tata kelola yang tidak main-main agar SIMKAH dapat diterapkan secara optimal sesuai dengan harapan.

Yang diharapkan dari evolusi simkah web ini, adanya pelatihan yang benar-benar ditekan kan dalam pengoperasian dan mengatasi kendala-kendala pada simkah web.(and)

No comments: